18/09/17

Metode Penelitian dan Pengumpulan Data

Linguistik Id

Pendekatan penelitian ini dipilih berdasarkan kesesuaian terhadap objek dan tujuan penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terbagi atas dua bagian, yaitu pendekatan secara teoretis dan pendekatan secara metodologis. Pendekatan secara teoretis dalam penelitian ini adalah sosiolinguistik. Pendekatan sosiolinguistik mengkaji bahasa dalam kaitannya dalam penggunaan bahasa dalam masyarakat (Chaer dan Agustina 2004:3). Pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.

Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari masyarakat tutur dalam ranah keluarga di Losari. Dipilihnya ranah keluarga pada masyarakat Losari sebagai objek penelitian ini berangkat dari teori bahwa keluarga merupakan tempat pertama seseorang memeroleh bahasa dalam hal ini bahasa Jawa.

Data dalam penelitian ini mencakup dua macam data, yaitu (1) data primer berupa tuturan atau bagian tutur lisan dari berbagai peristiwa tutur dalam ranah keluarga di Losari, sedangkan (2) data sekunder berupa informasi atau keterangan latar belakang sosial budaya dan situasional sebagai hasil pengamatan dan wawancara. Pemerolehan data tersebut ditulis dalam kartu data. Subjek dalam penelitian ini adalah khazanah bahasa atau repertoar bahasa yang dimiliki oleh masyarakat tutur dalam ranah keluarga di Losari. Keluarga yang dijadikan sumber dalam penelitian ini berjumlah 10 (sepuluh) keluarga dengan karakteristik masing-masing berasal keluarga dari perkawinan campuran (etnis Jawa dengan etnis Sunda).

Data primer dikumpulkan dengan menggunakan metode pengamatan dan wawancara. Teknik yang digunakan adalah teknik simak libat cakap (SLC) dan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) (Sudaryanto 1993:133-135). Teknik simak libat cakap (SLC), dalam hal ini peneliti tidak terlibat dalam tuturan atau ikut serta dalam proses pembicaraan peserta tutur yang direkam tetapi sebagai pemerhati penuh dengan tekun mendengarkan apa yang dibicarakan dan dikatakan peserta tutur yang terlibat dalam tuturan. Teknik simak libat cakap (SBLC), peneliti terlibat dalam peristiwa tutur bersama peserta tutur lain yang terlibat dalam tuturan. Data primer ini diperoleh dengan mendatangi rumah-rumah warga yang ada di Losari dengan kriteria keluarga yang berasal dari keluarga perkawinan campuran. Berikut merupakan contoh pemerolehan data primer dari tuturan yang dilakukan oleh para anggota keluarga.

0 comments:

Posting Komentar

 

Facebook

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner